Senin, 04 Maret 2013

Cara Membuat Watermark (Copyright) di Ms. Office Excel


Kali ini Saya akan memberitahu Cara Membuat Watermark (Copyright) di Ms. Office Excel.
Microsoft Excel tidak memiliki fitur watermark seperti di Microsoft Word.
Namun, ada cara yang bisa digunakan untuk membuat tampilan yang menyerupai watermark di lembar kerja Excel, yaitu:
  • Menggunakan WordArt
  • Menyisipkan Gambar di Header atau Footer Lembar Kerja sebagai Watermark
Tanpa berlama-lama berikut cara untuk menyisipkan watermark di lembar kerja Excel dengan menggunakan WordArt untuk membuat Watermark :
  • Buka lembar kerja Microsoft Excel yang akan disisipkan watermark.
  • Pada Insert tab, Text grup, klik WordArt.
  • Pilih gaya WordArt yang diinginkan. Contoh: Fill - Text 2, Outline – Background 2.
Catatan :
  • Warna WordArt mengikuti Theme yang digunakan. Tutorial ini menggunakan theme Office.


  • Kemudian ketik teks yang ingin digunakan sebagai watermark.
Contoh : Confidential. Bisa juga dengan kata-kata yang lain.


  • Ubah ukuran font WordArt: klik kanan pada WordArt, pada menu shortcut, ubah ukuran font pada kotaknya.

  • Atur posisi WordArt : klik dan geser WordArt ke posisi yang diinginkan. Untuk merotasi WordArt, klik pada bulatan hijau di WordArt, kemudian rotasi ke posisi yang diinginkan.

  • Agar data pada lembar kerja bisa terlihat jelas, atur transparansi WordArt. Caranya : klik kanan pada WordArt dan pilih Format Text Effects. Buat pengaturan pada bagian Text Fill, Text Outline, atau Shadow, sesuai dengan gaya WordArt yang digunakan.

  • Pada Text Outline, klik Solid line dan di bagian Color, pilih warna untuk outline WordArt. Contoh: White, Background 1, Darker 25%. Atur persentase Tranparency menjadi 45%.

  • Hasilnya adalah seperti gambar berikut ini.

Catatan:
  • Untuk menghapus WordArt : klik WordArt dan tekan tombol DELETE.


Selamat Mencoba dan Semoga Bermanfaat !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar